Free Air Plane Cursors at www.totallyfreecursors.com
Manajemen Bandar Udara: KONFIGURASI DASAR LANDAS PACU (diringkas dari Robert Horonjeff,1975:194-197)

Rabu, 30 November 2011

KONFIGURASI DASAR LANDAS PACU (diringkas dari Robert Horonjeff,1975:194-197)

a)      Landas Pacu Tunggal (Single Runway)
      Konfigurasi landas pacu ini merupakan jenis paling sederhana.
b)      Landas Pacu Paralel (Parallel Runways)
Konfigurasi landas pacu ini memungkinkan peningkatan kapasitas; semakin banyak jumlah landas pacu semakin besar kapasitas bandar udara yang bersangkutan
c)      Landas Pacu Jalur Garda (Dual Lane Runway)
      Konfigurasi lands pacu ini merupakan dua landas pacu parallel yang saling     berdekatan dengan landas hubung keluar masing-masing. Meskipun, kedua landas pacu dapat sama-sama dapat digunakan untuk tinggal landas dan pendaratan namun biasanya satu landas pacu untuk kedatangan yaitu yang terjauh dari bangunan terminal dan yang terdekat dengan bangunan terminal untuk pemberangkatan.
d)      Landas Pacu Silang (Intersecting Runways)
Konfigurasi landas pacu ini terdiri dari dua atau lebih landas pacu yang berbeda arah satu dari yang lainnya. Hal ini didasarkan  atas kebutuhan untuk mengatasi arah angin yang bertiup lebih dari satu arah dan berdampak pada angin samping(cross winds) yang kuat jika menghandalkan satu landas pacu saja.
e)      Landas Pacu V-Terbuka (Oven-V Runways)
Konfigurasi landas pacu memberi manfaat hampir sama dengan jenis intersecting runways(Jika angin bertiup kuat dari satu arah) hanya saja jika tiupan angin tidak terlalu kuat, kedua landas pacu dapat digunakan bersama-sama.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar