Free Air Plane Cursors at www.totallyfreecursors.com
Manajemen Bandar Udara: B. Fungsi Bandar Udara

Rabu, 30 November 2011

B. Fungsi Bandar Udara

   1. Penggantian Moda
         Bandar udara berfungsi sebagai penghubung fisik antara alat angkut udara dan alat angkut permukaan. Hubungan dirancang agar dapat mengakomodasikan karakteristik operasional alat angkut pada sisi udara dengan alat angkut pada sisi darat, baik pada bagian keberangkatan maupun pada bagian kedatangan. Batas sisi udara dan sisi darat ialah tempat parkir pesawat udara(gate), untuk menaikkan dan menurunkan penumpang atau barang, dengan ruang tunggu penumpang (boarding gate) atau tempat penimbunan barang muatan pada gedung terminal. Sisi udara mencakup tempat parkir, apron, landas hubung,dan landas pacu. Sedangkan sisi darat mencakup gedung terminal hingga jalan keluar bandar udara. Jadi, penghubung fisik antara alat angkut udara dan alat angkut permukaan ialah gedung terminal(penumpang atau kargo).

    2. Pemrosesan
        Bandar udara berfungsi sebagai tempat penyiapan pemberangkatan dan penerimaan kedatangan pesawat udara. Penyiapan keberangkatan menyangkut antara lain penyediaan fasilitas pengurusan karcis, pengurusan dokumen, serta pelayanan penumpang dan penanganan barang/kargo. Dalam penerimaan kedatangan, bandar udara menyediakan fasilitas pengurusan untuk berpindah pesawat, pengurusan dokumen, serta pengurusan bagasi dan kargo. Disamping itu, bandar udara juga menyediakan fasilitas pemeliharaan pesawat, pengisian bahan bakar, serta fasilitas penyelenggaraan fungsi pemerintahan seperti karantina, imigrasi, dan beacukai. Sementara itu, untuk kepentingan ekonomi, bandar udara berfungsi dalam pencarian pendapatan melalui persewaan fasilitas dan konsesi-konsesi.

    3. Perubahan Tipe Gerakan 
        Bandar udara berfungsi sebagai pengubah aliran muatan yang berkelanjutanmenjadi bergelombang, menurut ukuran pesawat udara yang diberangkatkan. Muatan yang dikirim diangkut truk dan para calon penumpang dengan angkutan jalan raya atau kereta api, tiba di bandar udara secara berkelanjutan(continous), berdasarkan atas jadwal yang telah ditetapkan, kemudian diubah dalam kelompok-kelompok atau himpunan (batches) muatan pesawat udara. Sebaliknya, proses pada kedatangan pesawat udara yaitu dari himpunan muatan dalam pesawat udara oleh bandar udara diubah menjadi aliran berkelanjutan saat meninggalkan bandar udara.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar